Thursday 11 August 2011

business trip to taipei

alhamdullilah.... tanggal 18-23 juli kemarin. gw baru aja pergi ke taipei unutk urusan pekerjaan dr kantor.

kyaa, seneng bgt d. gw bener2 gak nyangka klo bisa ke luar negri. apalg ini pertama kalinya gw keluar negeri.. maklumlah gw dr keluarga biasa2.. jadi klo ke luar negeri mungkin harus nabung setidaknya 2-3 thn.. he5.

yup, gw kesana bersama 2 org rekan kerja g, nova dan feri. kita diutus dari kantor pergi kesana untuk belajar. berhubung kantor gw ada kerjasama sama salah satu perusahaan di taipei yaitu, Afaya corp.berhubung mgkn bhs inggris gw yg agak mending jadi gw deh yg disuruh jd translator dsn.. TAT.

yup, kita brngkt tgl 18, naik china airlines berangkat jam 6 pagi. jam 3 kumpul dl d kantor. baru berangkatvbareng naik taksi. sampai di taipei sekitar jam stgh 4 waktu taipei.. atau jam stgh 5 waktu indonesia (perbedaan waktunya 1 jam).

sampai disana, langsung ke pusat informasi untuk ambil beberapa peta. rencananya kita stay di daerah taiwan utara. setelah itu lgsg pergi ke shuttle bus, naik bus menuju taipei main station. ketika d bus gw sms k terrance *pihak afaya yg jd penanggung jawab kita disana* begitu gw sms, dia langsung telp gw.. kt dia, dia lg d bandara mau ngejemput kita. spontan gw jg kaget krn menurut feri dan nova,pak tri *atasan gw* klo pihak afaya gak ngejemput kita. makanya mrk cari alternatif lewat google map cara menuju hotel.

lalu gak berapa lama tlp gw pun mati #ea ternyata kna roaming#. karena pas d bandara gak ada yg ganti no lokal. jadi sama sekali gak ada yg bs ksh kabar ke terrance. sementara si terrancenya panik. kita ber3 meneruskan perjalanan naik mrt nenuju hongshulin st. sebelum naik, kt k pusat informasi dl buat beli easypay.. *semacam kartu atm ya bs dipakai utk naik mrt dan blanja d convience store. abis itu naik mrt yg danshui line menuju hongshulin st.

sampai d hongshulin kita pun bergegas menuju convience store untuk beli kartu lokal. apa daya begitu masuk ternyata mbanya gak bs ngo inggris. #ea... malah gak ada yg bs ngo mandarin. akhirnya gak jd beli deh.. cuma beli air sama mie instan. trus lanjut jalan kaki menuju hotel. *hotel kita gak jauh dr hongshulin st. sekitar 10 menit. nama hotelnya see revert hotel.

namun krn kita belum yakin akhirnya nova dan feri bertanya ke salah satu satpam yg tepat ada di gedung samping kita dan gak taunya itu gedung tempat afaya corp berada #ea. pas bgt ya bs sesuai jadwal.. menurut jadwal si qta ke geding afaya br ke hotel.

akhirnya setibanya di hotel, kita langsung check in.. eh tapi ternyata uang yg di kadih buat byr hotel ternysta kurang... jadinya pke uang saku yg dksh sama kantor de..nTAT. syukurlah pihak hotel yg kadih kabar k terrance jadi dia gak khawatir lagi. trus terrance telp, dan ngajakin makan malam.

akhirnya kita bertemu terrance dan jeff lslu pergi makan malam di danshui. berhung gw muslim jadi radavsusah ari makanan yg berlogo halal disana... tapinskhirnya pilahan makan jatuh di salah satu restoran steak... hmnn. sebnanya agak gak yakin sih.. biarpun ge makannya steak sapi..ntapi du menu jufa ada steak pork.. tapi ya bismillah aj deh... ya ALLAH maafin hamba ya. akhirnya menu pesananngw dateng.. wow, ternyatacsteak disana sama di indo beda ya... dusana makan steak seharga 230nt$, itu sudah termasuk dengan soup, appetizer, main coursevdan dessert plus minuman... jika diru[iahin sekitar 70 rban... gile... harga yg murah bukan?? sedangkan klo di indo segitu mah bs diatas 100k...steaknya pun daging semua,bada tambahan mie dan telur trus di kasih saus *sausnya bs milih mau blackpepper atau mushroom. sayangnya perut gw uda penuh jd cuna bs ngabisin setengah... sayang si... tapi uda gak muat lagi... TAT. gw juga lupa fotoin lg. TAT.

selesai makan, kita ke toko sebentar buat beli kartu sana. trus dibeliin cemilan buat d hotel sama terrance. he5 thanks terrance... padahalnud d buat khawatir...gomen...akhirnya kita bali ke hotel dan hari pertama pun selesai...

hari kedua, sesuai janji kita ke afaya jam 10. makan pg dulu d hotel.. disini pun menu yg bisa di makan cuma roti tawar, telur,bokchoi, dan abon ikan. yg lain gak berani..takut pork. menu sarapan pagi selama disana... wew.. sampai indo bisulan kali, makan telur mulu. TAT

sampai afaya, kita dikenalin dengan shawn, manager sana yg bertugas menangani kontrak dengan perusahaan gw. lalu juga dengan sonna... anak angkat pak tri dan bu endang yg dikira mereka sonna itu co.. makanya mereka panggil sony. pas gw bilang k terrance minta dikenalin k sony dia binun... wakakaka.. ternyta dia itu cewe dan namanya sonna...

malamnya kita menuju shilin night market. disini. kita mau nyicipin salah satu kulinernya taipei..nyaitu stingky tofu.... tahu yg dibuat tanpa pengawet trus direndam sampai 4 hari.. ya sesuai namanya... wew wanginya gak nahan bo... untung idung gw agak2 mampet jadi gak terlalu kecium deh.. he5.. ternytacrasa emang gak bohing..nitu tahu dinpotong kecil trys di goreng sampai garing, trus di kasih air cuma *macam sausnya pempek*, trus dikasih kol dan mie kuning... klo yg mau ektra daging si bisa.. tapi ya itu pork... TAT... setelah d coba.. ternyatavtuh tahu emang enak... mungkin klo disini ky tahu gejrot ya.... wewcrasa emang gak boong deh...

berhubung duit gw tadinya buat beli laptop disini jadi di shilin gw gak belanja de... TAT 1 hal yg gw sesalin.. TAT. cuma beli baju buat kedua ponakan gw...padahal banyak barang bagus disana macam baju, sandal, boots, dan make up korea... hua..... aye pengen......

hari ketiga, malemnya kita pergi ke danshui... wow... indah banget ya... trus lagi disana juga ada pasar malam.. dan banyak kuliner seafood disini... aih,asik...tadinya gwcpengen nyoba ada sotong bakar.. cuma gak jadi... trus gw liat ada cemilan namanya shrimp ball.. yo wis terrance beliin gw dan kita makan bareng... nya..enaknya~~ sayang si nova ma feri gak mau...padahal enak... trus mampir ke toko souvenir... disini gw cuma beli beberapa phone strap bergambar cewe2 lucu yg dikenal dgn taiwan spirit.. trus ngecap di notes kecil gw.. cap klo gw pernah ke taipei... hehehe....

hari ke empat, siangnya kita mampir ke salah satu restoran halal di deket taipei main station gate5. wow, senangnya akhirnya bs nemu restotan yg ada halalnya.... thanks terrance ud nyariin info restoran halal disana. pemiliknyacramah bgt. tadinya mereka nyangka klo gw org malaysia.. gw bilang aja bukan, kita dari indonesia, dan dia langsung nyambut dengan Assalamualaikum... kita jawab wa'alaikumsalam..

pulang dari makan langsung bergegas menuju salah satu percetakan di sana yg biasa mencerak buku2 yg sudah ada code afayanya... akhirnya dipercetakan sana kita langsung di disambut langsung sama ownernya mr.eddy liau. dan diberikan kultum. wow thanks banget mr.neddy.. mau nyediain waktu buat sharing sama kita.

pulang dari percetakan tadinya si niatnya gw mo nonton transformer 3 sama terrance. nova dan feri mau ke eslite bookstore. cuma karena kemaleman gak jadi de. akhirnya kita ke taipei memorial park. atau chang kai sek memorial hall. *beener gak ya tulisannya* wow.. gila ini keren banget.....

pulang darisana, tadinya mo ke 101 tower.. tapi gak jadi akhirnya kita ke ximen, tempatnya kaum muda berkumpul... he5. disanakita misah gw ma terrance, nova sama feri. tadinya si niat mo nyari toko cosplay... ya memang bnyk si tapi koq gw gak nemu toko yg spesial ngejual wig ya...akhirnya terrance nyari di google dan nemu toko yg jual anime/stuff macam hobby shop. ues.. akhirnyavgw nemu wig warnabya gw cari2.. buat next cosplay gw... trus gw juga nemu beberapa item buat co gw... hampir aja gw kalap... tapi untung di ingetin sama terrance.. he5...jadigak kalap gw.

trus karena gak bisa nahan buat beli make up akhirnya gw mampir deh, ke faceshop, skin food, nature replublic, etude, tonymoly, cuma karena pergi brg cowo, uda gitu gak bs nanya2... jadi gw gak beli banyak deh.. tadinya pgn borong bnyk d etude.. cuma pas gw pikir nanti klo gw jd member sini gak bs d pke di indo.. ya uda gak jadi deh.. TAT
akhirnya kita mkn malem d restoran jepang dan pulang...

hari kelima. fiuh,,bentar lg pulang...ini hari terakhir kita di afaya. hari ini niatnya cuma sampe jam 3.. karena mo ke 101 tower trus juga ,o nonton... sayangnya banyak pertanyaan yg belum selesai.. tapinkarena sudah lewat jam 3 hampir mau jam 5 harus yerpaksa selesai, trus foto2 dan lamgsung cabut menuju tempat kita nonton di miramar..duh lupa nama mallnya.. salah satu mall terbesar disana....
nyampe sana langsung beli tiket dan makan... kerena perut uda kaper. tadi siang gak makan.. TAT....dan yeeeem akhirnya gw nonyon transformerv3... 3D pula... huanjritt keren banget..... makin cinta dan sama bumble bee.. fav gw... he5..

pulang dari nonton lgsg bergegas menuju 101 tower. sayangnya sampai sana sudah tutup...nya iyalah jam 11 br smpe sana.. TAT... pulang naik mrt terakhir. dan say bye sama terrance... thanks ya terrance uda mo nemenin selama disana.. sorry klo uda nyulik dirimu sampai tengah malem... *klo gw mah kalong biasa plg tengsh mlm*
dan yup... terrance jadi abang gw... abis dia manggil gw sis mulu sih... he5.

hari terakhir... fiuh,, masih gak ingin pulang k indo... masih mau disana.... *soalnya belum beli oleh2.. TAT.. cuma beli coklat itupun sedikit... gomen ya temen2.. TAT......

akhirnya jam sudah menunjukan pukul stgh 11. waktunya berpisah dengan taipei... bye2 pemgurus hotel... bye afaya, bye terrance, shawn, sonna.. i hope we can meet again in the future... and selamat datang jakarta~~~

fiuh, finish juga nih.. cerita.. foto2nya menyusul ya!!